Breaking News

Cara Penting untuk Menjaga Kesehatan Otak

Cara Penting untuk Menjaga Kesehatan Otak

Jika kita adalah seseorang yang pelupa, tanpa kita sadari mungkin kita jarang melakukan aktivitas yang berguna untuk menjaga kesehatan otak. Seiring bertambahnya usia biasanya semakin bertambah sifat pelupa tersebut. Ahli saraf di Harvard Medical School melakukan penelitian dan hasilnya mengatakan bahwa struktur dan fungsi otak yang berkaitan dengan memori dapat berubah seiring dengan pertambahan usia. Hal ini bergantung juga pada seberapa banyak sel otak yang dipakai oleh manusia. Faktanya, kita hanya menggunakan 10% sel dari keseluruhan sel otak yang kita punya.  Pemakaian sel otak berhubungan dengan fungsi kognitif, berpikir, nalar, serta IQ manusia.

Tingkatkan aktivitas otak Anda agar terhindar dari lupa dan penyakit alzheimer
Tingkatkan aktivitas otak Anda agar terhindar dari lupa dan penyakit alzheimer. (sumber gambar: manfaat[dot]co)
Penting untuk menjaga sel otak kita agar tetap aktif. Berbagai cara telah diteliti dan dibuktikan bermanfaat dalam meningkatkan penggunaan sel otak kita. Berikut ini adalah cara penting untuk menjaga kesehatan otak yang perlu kita lakukan dengan teratur

1.Mengkonsumsi Makanan Sehat

Perlu diperhatikan bahwa Kita makan untuk memenuhi nutrisi keseluruhan tubuh Kita, termasuk untuk kesehatan otak. Sebaiknya makanlah sesuai dengan kebutuhan, kurangi gula, garam, dan lemak jenuh tinggi. Konsumsi serat dari sayur, buah, dan karbohidrat kompleks seperti gandum dengan jumlah yang lebih banyak. Penuhi nutrisi dengan makanan yang mengandung asam folat, B6, dan B12 yang berguna untuk mencegah penurunan daya ingat Anda. Mengkonsumsi sayuran yang berwarna hijau tua juga bagus karena biasanya mengandung banyak vitamin B6 dan B12.

2. Melakukan Olahraga atau Aktifitas Fisik

Olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tingkat stress, dan menstimulasi hormon yang dapat memperbaiki mood sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Bukti ilmiah yang meneliti tentang kesehatan otak menyatakan sampai saat ini olahraga yang paling baik dilakukan untuk kesehatan otak adalah dengan melakukan aerobik dan fitness. Banyak penelitian yang membuktikan manfaat aerobik dapat menurunkan tingkat risiko demensia pada orang dewasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rata-rata melakukan aerobik 30 menit per hari dan melakukannya rutin setidaknya lima kali dalam seminggu, dapat meningkatkan kemampuan nalar dan meningkatkan massa otak. Selain itu, percobaan melakukan aerobik pada orang yang memiliki gangguan kognitif, membuktikan bahwa terjadi peningkatan kognitif secara perlahan-lahan.

3. Istirahat dengan Baik

Istirahat atau tidur dengan nyenyak membantu otak mengambil, memproses dan menyimpan informasi sepanjang hari, menurut National Sleep Foundation yang berbasis di Amerika Serikat. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa kantuk menghambat proses alami yang terjadi di jaringan otak, sehingga menyebabkan gangguan fungsi yang juga berdampak meningkatkan potensi penyakit Alzheimer.

Tidur yang baik memperkuat hubungan antara sel-sel otak dan membantu otak mentransfer informasi. Menurut artikel lain yang diterbitkan oleh yayasan tidur, ingatan dan keterampilan bermigrasi ke wilayah otak yang memperkuat ingatan. Tidur setelah mempelajari informasi baru telah terbukti meningkatkan penghafalan informasi baru tersebut dengan baik.

4. Bermain Video Games

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Psychological Association, yang juga direferensikan di Washington Post, meta-analisis menemukan bahwa bermain video game penembak meningkatkan kapasitas pemain untuk memikirkan objek dalam tiga dimensi, sama efektifnya dengan kursus akademik yang melatih siswa untuk melakukannya.

Seorang penulis studi mengatakan, bermain video game dapat memperkuat berbagai keterampilan kognitif. Navigasi spasial, penalaran, peningkatan memori dan persepsi dan juga dapat membantu dalam perkembangan anak-anak yang lebih muda, berkaitan dengan keterampilan dan pembelajaran sosial.

 5. Berbicara Berbeda Bahasa

The Telegraph menerbitkan daftar manfaat dari bilingualisme, termasuk dapat membuat lebih baik di bahasa Inggris dengan mengambil bahasa lain. Menurut artikel itu, otak orang bilingual beroperasi secara berbeda dengan mereka yang hanya berbicara satu bahasa.

Faktanya Anak-anak dapat mempelajari bahasa dengan lebih cepat dan mudah, namun, ini tidak berarti bahwa orang dewasa tidak dapat melakukan hal yang sama. Menurut penelitian yang dilakukan di Tel Aviv University, orang dewasa belajar bahasa secara berbeda dari anak-anak. Dalam kedua kasus, belajar bahasa baru merangsang lobus frontal dari otak Anda, bertanggung jawab untuk komunikasi dan bahasa.

Dengan berlatih lebih dari satu bahasa dapat membantu meningkatkan fungsi otak, membangun keterampilan multitasking, mencegah Alzheimer dan demensia, meningkatkan ingatan dan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.

 

Demikian adalah 5 cara penting untuk menjaga kesehatan otak kita. Informasi lainnya mengenai Cara Untuk Menjaga Otak Anda Tetap Tajam dapat dibaca di redaksional.com berita terkini untuk semua generasi. Sumber lainnya yang kami himpun juga dari hellosehat.com dengan judul artikel “6 Langkah Penting untuk Menjaga Kesehatan Otak”.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita agar tetap memperhatikan organ terpenting dalam tubuh kita yaitu otak. Selamat mencoba dan selamat beraktivitas.

 

 

 

 

 

Sumber gambar utama : integratedlistening[dot]com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *